Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Kebutuhan Protein Versi ARC

 Cara Menghitung Kebutuhan Protein Versi ARC

    Metode baru ini dikeluarkan oleh Agricultural Research Council (ARC), yaitu sebuah dewan penelitian dibidang pertanian di inggris. Penjelasan berikut dikutip dari " Protein Requirement of Ruminant" dalam "Animal Nutrion and Their Aplication to Tropical Countries" (Mathere, 1984).

1. Kebutuhan N Mikroorganisme dalam Rumen (RDN)

    Nitrogen (N) yang dipergunakan dalam rumen adalah N hasil perombakan protein ransum yang diberikan ternak. Jumlah N yang dibutuhkan diperkirakan sama dengan N mikroba yang dihasilkan di dalam rumen. Jumlah N mikrobial yang diproduksi dalam rumen proporsional dengan jumlah energi yang tersedia dari hasil fermentasi atau setara dengan 1,34 g N/MJ ME. Dengan demikian, kebutuhan N untuk mikroorganisme  didalam rumen dirumuskan sebagai berikut.

RDN = 1,34 g N/MJ ME

2. Kebutuhan N Asam Amino untuk Jaringan Tubuh Mikrobial (TMN)

    Sekitar 0,8 dari jumlah N asam amino jaringan tubuh berasal dari N asam amino mikroorganisme. Daya cerna N asam amino   mikroorganisme dalam usus adalah 0,85, sedangkan efisiensi asam amino yang diserap oleh usus halus dan dipergunakan untuk jaringan tubuh adalah 0,8 . Oleh karena itu, N asam amino yang dibutuhkan jaringan tubuh dari N asam amino mikroorganisme dapat dihitung sebagai berikut. 

TMN = 1,34 x 0,8 x 0,85 x 0,8 = 0,73
TMN = 0,73 g N/ MJ

Post a Comment for "Cara Menghitung Kebutuhan Protein Versi ARC"