Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Budidaya Hijuan Pakan Ternak

 1. Pemilihan Bibit

    Bahan pakan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan dan dapat dicerna sebagian atau seluruhnya tanpa mengganggu kesehatan ternak yang memakannya. Bahan pakan ternak khususnya ternak ruminansia dapat dibedakan menjadi dua macam antara lain pakan hijaun dan pakan penguat. 

    Pakan hijauan adalah pakan utama bagi ternak ruminansia yang berupa rumput, kacang- kacangan, atau hijauan lain yang berupa dedaunan yang tidak termasuk kedalam kelompok rumput maupun kacang- kacangan. Pakan hijauan juga dapat bersal dari limbah pertanian seperti jerami padi, daun jagung, pucuk tebu, dan lain sebagainya.

rumput

    Pakan penguat diberikan untuk melengkapi kekurangan zat gizi yang umumnya terkandung didalam pakan hijauan. Bahan pakan penguat dapat dibedakan menjadi bahan pakan hewani dan bahan pakan nabati. Namun yang lazim digunakan dalam pembuatan pakan konsentrat untuk pakan ternak ruminansia adalah bahan pakan nabati, diantara biji- bijian seperti jagung dan sorgum, atau limbah industri pertanian seperti dedak padi, dedak gandum, dedak jagung, ampas singkong, bungkil kelapa, bungkil kelapa sawit, bungkil kedelai, dan sebagainya.

a. Pakan hijuan

    1. Macam- macam hijauan

    Berdasarkan jenisnya pakan hijauan dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu rumput, leguminosa, dan hijauan lain.

        a. Rumput

            Sebagai pakan hijuan, rumput memiliki beberapa kelebihan antara lain disukai ternak ruminansia, mudah diperoleh dan dapat tumbuh dimana- mana, dapat tumbuh dengan cepat dalam jumlah yang banyak, mengandung semua zat makanan yang dibutuhkan ternak, dan dapat diberikan dalam jumlah yang banyak.

Rumput dapat dibedakan menjadi                

            1. Rumput alam ( rumput liar) yaitu rumput yang tumbuh secara liar di alam bebas tanpa adanya campur tangan manusia. Untuk pengadannya rumput alami sudah tersedia di alam atau tumbuh dengan sendirinya dilahan- lahan tertentu seperti perkebunan, pertanian dan kehutanan. contohnya alang- alang ( imperata cyilindrica), rumput jarum ( Andropogon acicularus), dan rumput teki.

         2. Rumput potong adalah rumput budidaya ditanam dikebun rumput dan panenya dilakukan dengan cara dipotong baru disajikan untuk ternak yang dipelihara. Dikatakan sebagai rumput potong apabila memnuhi persyaratan yaitu produksi persatuan luas cukup tinggi, tumbuh tinggi/ tegak secara vertikal, banyak anakan dan responsif terhadap pemupukan. contoh jenis rumput potong anatra lain Rumput Gajah (Pennisetum purpureum), Rumput Benggala ( Pannicum maximum), Rumput Raja (King grass), dan rumput Setaria (Setaria sphacelata).

            3. Rumput gembala adalah rumput yang ditanam dilahan pengembalaan dan pemanfaatannya langsung disajikan untuk ternak yang dipelihara sebagai padang pengembalaan. Rumput budidaya dikatakan sebagai rumput gembala apabila tumbuh pendek atau menjalar, tahan renggutan dan injakan. Oleh karena itu harus memiliki perakaran yang kuat dan dalam dan tahan kekeringan . Contoh jenis rumput gembala antara lain Rumput pahit ( Axonopus compressus), Rumput Bebe ( Brachiaria  brizantha) dan Rumput Bede (Brachiaria decumben).


Post a Comment for "Budidaya Hijuan Pakan Ternak"