Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia

 Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia

1. Proto melayu

    Proto Melayu diyakini sebagai nenek moyang orang melayu polinesia yang tersebar dari madagaskar sampai pulau - pulau paling timur diPasifik. Mereka diperkirakan datang dari cina bagian selatan. Ras ini mempunyai ciri ciri sebagai berikut.

  • Rambut lurus 
  • Kulit kuning kecoklat-coklatan dan 
  • Bermata sipit
Dari cina bagian selatan (yunan) mereka berimigrasi ke Indocina dan siam, kemudian ke kepulauan Indonesia. Meraka itu mula- mula menempati pantai- pantai sumatera utara, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Barat. Ras Proto melayu membawa peradaban batu di kepulauan Indonesia. Ketika datang para imigran baru, yaitu Deutero Melayu ( Ras Melayu Muda)  mereka berpindah masuk kepedalaman dan mencari tempat baru kehutan -hutan sebagai tempat huniannya. Ras Proto Melayu itupun mendesak keberadaan penduduk asli. Kehidupan didalam hutan -hutan menjadikan mereka terisolasi dari dunia luar, sehingga memudarkan peradaban mereka.

2. Deutero Melayu

    Merupakan ras yang datang dari Indocina bagian Utara. Mereka membawa budaya berupa perkakas dan senjata besi di kepulauan indonesia ataukebudayaan Dongson. Mereka sering kali disebut juga orang-orang Dongson . Peradaban mereka lebih tinggi dari pada ras Proto Melayu. Mereka dapat membuat perkakas dari perunggu. Peradaban mereka ditandai dengan keahlian mengerjakan logam dengan sempurna. Perpindahan mereka kekepulauan indonesia dapat dilihat dari rute persebaran alat-alat yang mereka tinggalkan dibeberapa kepulauan di Indonesia, yaitu berupa kapak persegi panjang. Peredaban ini dapat dijumpai di Malaka, Sumatera, Kalimantan, Filipina, Sulawesi, Jawa, dan Nusa Tenggara Timur. 
    Dalam bidang pengolahan tanah mereka mempunyai kemampuan untuk membuat irigasi pada tanah-tanah pertanian yang berhasil mereka ciptakan, dengan membabat hutan terlebih dahulu. Ras Deutero Melayu juga mempunyai peradaban pelayaranlebih maju dari pendahulunya karena petualangan mereka sebagai pelaut dibantu dengan penguasaan meraka terhadap ilmu perbintangan. 

Manusia Prasejarah



3. Melanesoid

    Ras lain yang terdapat dikepulauan Indonesia adalah ras Melanesoid. Mereka tersebar dilautan Pasifik di pulau- pulau yang letaknya Sebelah Timur Irian dan Benua Australia. Di Kepulauan Indonesia mereka tinggal di Papua Barat, Ambon, Maluku Utara, dan Nuasa Tenggara Timur . Bersama dengan Papua Nugini dan Bismarck, solomon, New Caledonia dan Fiji, Vanuatu, mereka tergolong rumput Melanesoid. 
    Pada mulanya kedatngan bangsa Melanesoid di kepulauan Indonesia berawal saat zaman es terakhir, yaitu tahun 70.000 SM. Pada saat itu kepulauan Indonesia belom berpenghuni . Ketika suhu turun hingga mencapai kedinginan maksimal, air laut menjadi beku. 
    Bangsa Melanesoid melakukan perpindahan ke Timur hingga ke Papua, selanjutnya ke Benua Australia, yang sebelumnya merupakan satu kepulauan yang terhubung dengan Papua. 
    Asal mula bangsa Melanesia , yaitu Proto Melanesia merupakan penduduk pribumi di Jawa. Mereka adalah manusia wajak yang tersebar ke timur dan menduduki Papua, sebelum zaman es berakhir dan sebelum kenaikan permukaan air laut yang terjadi pada saat itu. Di Papua manusia wajak hidup berkelomok- kelompok kecil disepanjang muara- uara sungai. Mereka hidup dengan menangkap ikan disungai dan meramu tumbuh -tumbuhan serta akar-akaran, serta berburu dihutan belukar. Tempat tinggal mereka berupa perkampungan- perkampungan yang terbuat dari bhan- bahan yang ringan. 

4. Negrito dan Weddid

    Sebelum kedatangan kelompok - kelompok melayu tua dan muda, negeri kita sudah terlebih dahulu kemasukkan orang -orang Negrito dan Weddid. Sebutan Negrito diberikan untuk orang- orang Spanyol karena yang mereka jumpai itu berkulit hitam mirip dengan jenis- jenis Negro.  
    Kelompok weddid terdiri atas orang -orang dengan kepala mesocephal dan letak mata yang dalam sehingga nampak seperti berang ; kulit mereka coklat tua dan tinggi rata- rata lelakinya 155 cm. Weddid artinya jenis Wedda  yaitu bangsa yang terdapat dipulau ceylon ( Srilanka). Persebaran orang - orang Weddid di Nusantara cukup luas, misalnya di Palembang  dan Jmbi (kubu) , di Siak ( Sakai) dan di Sulawesi pojok Tenggara ( Toala , Tokea dan Tomuna).

Post a Comment for "Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia"