Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tempat atau lokasi kandang sapi potong

 Tempat atau Lokasi Kandang Budi Daya Sapi Potong

    Kemarin saya telah membahas tentang Manajemen Permodalan budi daya sapi potong, nah, sekrang saya mau membahas tempat atau lokasi kandang budi daya sapi potong, mari kita simak dengan seksama !

1. Pemilihan Tempat atau Lokasi Kandang 
            Dalam pemilihan tempat atau lokasi kandang, ada beberapa hal yang harus perlu diperhatikan . Beberapa hal tersebut seperti berikut .
  • Lokasi yang ideal untuk membangun kandang adalah daerah yang letaknya cukup jauh dari pemukiman penduduk atau tidak pada penduduk, terutama untuk jumlah sapi yang banyak.
  • Lokasi kandang tidak mudah tergenang air jika musim hujan
  • Lokasi kandang sebaiknya strategis dalam arti mudah dicapai oleh kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Hal ini untuk mempermudah pengangkutan pakan, limbah ternak, serta menjual ternak.
  • Lokasi kandang cukup terjamin keamanannya, baik dari pencurian maupun binatang buas
  • Kandang harus terpisah dari rumah tinggal dengan jarak minimal 10 meter dan sinar matahari dapat menembus pelatran kandang secara langsung serta dekat dengan lahan pertanian
  • Lokasi kandang dekat dengan sumber air.
2. Syarat-syarat Kandang yang Baik
    
    Peternak sebelum membuat kandang sebaiknya memahami syarat-syarat kandang yang baik . Pada dasarnya kandang dapat dibuat dalam bentuk ganda atau tunggal, tergantung jumlah sapi yang dimiliki. Pada kandang tipe tunggal penempatan sapi dilakukan pada satu baris atau satu jajaran yang saling berhadapan atau saling bertolak belakang. Diantara kedua jajaran tersebut biasanya dibuat jalur untuk jalan.
    Kandang untuk tujuan penggemukan (kereman ) biasanya dibuat berbetuk tunggal apabila kapasitas ternak yang dipelihara hanya sedikit. Namun apabila kegiatan untuk penggemukan sapi ditujukan untuk komersial, ukuran kandang hasrus lebih luas dan lebih besar sehingga dapat menampung jumlah sapi yang lebih banyak. Lantai kandang harus diusahakan  tetap bersih guna mencegah timbulnya berbagai penyakit.
    Kandang untuk budi daya sapi potong harus bersih dan tidak lembab. Pembuatan kandang harus memperhatikan beberapa persyaratan sebagai berikut.

a. Konstruksi Kandang
    Syarat konstruksi kandang meliputi beberapa hal seperti berikut .
  1. Bangunan kandang harus kuat agar tidak mudah roboh. Bahan konstruksi kandang adalah kayu gelondongan/ papan yang berasal dari kayu yang kuat
  2. Konstruksi kandang seperti rumah kayu, atap kandang berbentuk kuncup, dan salah satu atau kedua sisinya miring.
  3. Lantai kandang dibuat dari tanah padat atau semen agar mudah dibersihkan dari kotoran sapi. Lantai tanah dialasi dengan jerami kering sebagai alas kandang yang hangat
  4. Lantai kandang dibuat lebih tinggi daripada tanah disekelilingnya dan agak miring kearah selokan diluar kandang. Hal ini dimaksudkan agar air yang ada didalam kandang termasuk kencing sapi mudah mengalir keluar lantai kandang sehingga kandang tetap kering
  5. Kandang sapi tidak boleh tertutup rapat, tetapi agak terbuka agar sirkulasi udara didalamnya lancar
Kandang sapi yang baik


b. Ukuran Kandang
    Untuk menentukan ukuran kandang yang ideal dalam pemeliharaan sapi potong, sebaiknya diperhitungkan terlebih dahulu jumlah sapi yang akan dipelihara. Sehingga gambaran, ukuran kandang untuk seekor sapi jantan, betina, dan anak sapi sebagai berikut.
  1. Sapi jantan dewasa adalah 1,5x2 m atau 2,5x2 m
  2. Sapi betina dewasa adalah 1,8x2 m
  3. Anak sapi cukup 1,5x1 m
    Adapun ukuran tinggi kandang untuk semua jenis sapi berkisar antara 2-2,5 m dari tanah. Temperatur disekitar kandang sebaiknya berkisar antara 25- 40℃ (atau rata-rata 33℃ ) dan kelembapan 75% . Lokasi pemeliharaan sapi dapat dilakukan pada dataran rendah (100-500 m) hingga dataran tinggi (>500 m).

c. Perlengkapan kandang
    Perlengkapan kandang yang paling utama dalam budi daya sapi potong adalah tempat pakan dan minm. Tempat pakan dan minum sapi dibuat menyatu dengan kandang. Tempat pakan dibuat sedikit tinggi agar pakan yang diberikan tidak diinjak-injak atau tercampur kotoran. Adapun tempat minum sebaiknya dibuat permanen berupa bak semen dan sedikit lebih tinggi dari permukaan lantai. Dengan demikian kotoran dan air kencing tidak tercampur didalamnya. Perlengkapan kandang lain yang harus tersedia adalah sapu, sekop, sikat, sabit, dan tempat untuk memnadikan sapi. Semua peralatan tersebut untuk membersihkan kandang dan memandikan sapi agar terhindar dari gangguan peyakit. Selain itu jika memelihara sapi betina perlu juga disiapkan kandang tersendiri untuk beranak atau bersalin sapi dengan tujuan supaya aman dari gangguan sapi lain selama beranak.
    
    Fungsi kandang dalam pemeliharaan sapi yaitu, 
  • Melindungi sapi dari hujan dan panas matahari
  • Mempermudah perawatan dan pemantauan
  • Menjaga keamanan dan kesehatan sapi

Post a Comment for "Tempat atau lokasi kandang sapi potong"