Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prinsip Komunikasi Tertulis X OTKP

 Prinsip komunikasi tertulis

Ada prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam komunikasi tertulis disebut dengan prinsip 7 C's yaitu : 


A. Completeness

    Pesan - pesan yang digunakan dalam suatu perusahaan akan disebut lengkap, bila mengandung semua fakta - fakta yang diinginkan pembicara. Karena itu pesan harus menjawab semua pertanyaan memberikan informasi tambahan yang dibutuhkan dan diperiksa kembali apakah telah mencakup 5W+1H ( Who,What, When, Where, Why dan How). Hal ini khususnya diperlukan   pada saat Anda menjawab surat pengumuman atau pemberitahuan misalnya surat pemesanan barang.

B. Conciseness

    Adalah suatu pesan bukan mengorbankan beberapa kata sehingga menjadi tidak lengkap dan kurang sopan tetapi hilangkan kata- kata yang kurang penting dan hindarkan pengulangan kata- kata.

C. Consideration

    Berarti Anda harus benar benar menyiapkan apa yang akan ditulis dan coba memahami orng/ pihak lain, apa masalahnya, keinginannya dan lain- lain.

prinsip komunikasi tertulis


D. Concerteness

    Penulisan yang konkret berarti spesifik, mengandung kepastian yang gamblang ( jelas), hindari kekaburan dan penulisan secara umum. Untuk itu sebaiknya anda menggunakan fakta- fakta/data  yang spesifik/ jelas dan lebih baik menggunakan kalimat aktif.

E. Clarity

Pesan yang disampaikan harus benar- benar jelas dan dapat dimengerti oleh pembaca sehingga perlu diperhatikan pemilihan kata- kata yang sering digunakan, hindari kata- kata asing dan susunan kalimat dan paragraf yang  beraturan.

F. Courtesy

Sopan disini bukan menggunkan kata- kata maaf, silahkan, terimakasih, tetapi yang dimaksud adalah jangan menyinggung perasaan pembaca, jawablah surat langganan segera, bijaksana dan untuk tidak menyakiti hati langganan janganlah terlalu berterus terang kepada masalah yang dihadapi langganan.

G. Correectness

Yang dimaksud benar adalah menggunakan bahasa yang sesuai dengan level pengetahuan langganan dan gunakan kata akurat, grafik gambar yang menunjang.

Post a Comment for " Prinsip Komunikasi Tertulis X OTKP "