Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembuatan fermentasi Jerami

 FERMENTASI JERAMI

1. Bahan -bahan fermentasi jerami

    Bahan -bahan yang dibutuhkan dalam membuat fermentasi jerami sebagai berikut.
  • Jerami : 1 ton
  • Urea : 6 kg
  • Starbio atau bahan sejenis: 6 kg
  • Air secukupnya
    Fungsi urea pada proses pembuatan fermentasi ini sebagai penyuplai NH3, yaitu digunakan sebagai sumber energi bagi moikrobia dalam proses permentasi. Urea pada proses fermentasi bukan sebagai penambah nutrisi pakan, melainkan sebagai katalisator dalam proses fermentasi.

2. Tempat fermentasi Jerami

    Fermentasi hendaknya dilakukan ditempat yang terhindar hujan dan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, tempat untuk melakukan fermentasi jerami sebaiknya diberi naungan atau atap.

Fermentasi jerami padi

3. Cara Pembuatan Fementasi Jerami

    Cara pembuatan fermentasi jerami dapat dilakukan melalui tahapan -tahapan seperti berikut.
  1. Jerami kering panen dilayukan selama kurang lebih satu hari untuk mendapatkan kadar air mendekati 60% dengan tanda- tanda jika jerami kita remas, air tidak menetes, tetapi tangan kita basah.
  2. Jerami yang sudah dilayukan tersebut dipindah ke tempat pembuatan dengan cara ditumpuk setebal 20-30 cm (boleh diinjak- injak) kemudian ditaburkan urea, bahan pemacu mikroorganisme (starbio atau bahan sejenis), dan air secukupnya. Selanjutnya, ditumpuk lagi jerami seperti cara sebelumnya hingga mencapai ketinggian  lebih kurang 1,5 m
  3. Tumpukkan jerami ditutup dengan plastik
  4. Tumpukkan jerami dibiarkan selama 21 hari ( tidak perlu bolak- balik) 
  5. Setelah 21 hari tumpukkan jerami dibongkar kemudian diangin-anginkan atau dikeringkan
  6. Jerami siap diberikan pada ternak atau kita stok dengan digulung, dibok, dan disimpan dalam gudang. Hasil fermentasi jerami ini tahan disimpan selama lebih kurang 1 tahun
  7. Pada pembuatan fermentasi jerami dalam jumlah sedikit, tumpukkan jerami bisa ditutup dengan sehelai karung goni. Selain jerami bahan lain yang bisa difermentasi untuk pakan ternak antara lain alang-alang dan pucuk tebu. Alang- alang dibuat fermentasi dengan cara dilayukan terlebih dahulu dan harus dipotong -potong antara 5- 10 cm ( bahan sama, yaitu starbio dan urea)


Post a Comment for "Pembuatan fermentasi Jerami"